Sabtu, 12 Juni 2010

Metode Ceramah (preaching method)


Menurut Muhibbin Syah, (2000) Metode ceramah yaitu sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif.

Metode Ceramah dapat dikatakan sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk menyampaikan informasi dan paling efekti dalam mengatasi kelangkaan literatur atau rujukan yang sesuai dengan jangkauan daya beli dan paham siswa.

Beberapa kelebihan metode ceramah, antara lain :

  1. Guru mudah menguasai kelas.
  2. Guru mudah menerangkan bahan pelajaran berjumlah besar
  3. Dapat diikuti anak didi dalam jumlah besar.
  4. Mudah dilaksanakan (Syaiful Bahri Djamarah, 2000)

Adapun, kelemahan dari metode ceramah, antara lain :

  1. Membuat siswa pasif
  2. Mengandung usuw paksaan kepada siswa
  3. Mengandung daya kritis siwa (Daradjat,1985)
  4. Anak didik yang lebih tanggap dari visi visual akan menjadi rugi dan anak didik yang lebih tanggap auditifnya dapat lebih besar menerimanya.
  5. Sukar mengontrol sejauhmana pemerolehan belajar anak didik.
  6. kegiatan pengajaran menjadi verbalisme (pengertian kata-kata)
  7. Bila terlalu lama membosankan (Syaiful Bahri Djamarah, 2000)

0 komentar:

Posting Komentar